Politik dalam Syariat Islam

March 19, 2009 at 10:01 am 6 comments

Islam adalah agama yang paripurna (syamil) dan diridhai Allah untuk kita. Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya agama yang diridhai Allah di sisiNya adalah Islam”. “Barangsiapa yang mencari agama selain Islam maka tidak akan diterima darinya dan kelak hari kiamat dia termasuk orang-orang yang merugi“.

Allah menyeru untuk masuk kedalam Islam secara menyeluruh dengan firmanNya: “Hai orang-orang yang berfiman masuklah kedalam as-silmi (Islam) secara keseluruhan“. Dalam menafsirkan kata as-silm, Ibn Abbas berkata: “As-Silmi” adalah Islam. Jadi Allah memerintahkan kita untuk masuk ke dalam agama ini secara menyeluruh, atau masuk secara total kedalamnya.

Adapun “As-Siayasah” (politik) dialah hakikat Islam, karena makna siyasah sendiri adalah mengatur kemaslahatan umat dengan hal-hal yang tidak bertentangan dengan kitabullah dan Sunnah RasulNya. Dalam merealisasikannya dibutuhkan suatu manhaj, ilmu ataupun orang-orang yang faham kemaslahatan umat.

Para ulama Islam telah mengarang berbagai macam literatur siayasah syar’iyyah (politik dalam syariat Islam) diantaranya: buku al-ahkam as-Sultaniyyah karya al-Imam Al-Mawardi, As-Siyasah As-Syar’iyyah karya Ibn Taimiyyah dan Abu Ya’la al-Musili dan At-Turuq al-Hukmiyyah karya Ibn Al-Qayyim dan sebagainya yang keseluruhannya menerangkan bahwa Islam memiliki manhaj da’wah.

Islam merupakan agama seluruh nabi-nabi, Rasululullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bani Israil dipimpin oleh para nabi, jika seorang nabi wafat maka akan digantikan dengan nabi lainnya“, beliau juga bersabda: “Akan datang setelahku para khulafa (pemimpin)“.

Yang mampu memahami kemaslahatan suatu umat setelah para nabi adalah para ulul amri yakni al-hukkam (para pemimpin ) dan ulama, merekalah yang berhak untuk masuk kedalam kancah perpolitikan ini untuk kemaslahatan umat. Para pemimpin bertugas menjalankan syariat Allah, sedangkan para ulama bertugas mengarahkan umat dan menunjuki para umara. Yang berkompeten dalam hal ini adalah orang yang berilmu dan paham dengan hukum syariat, karena kemaslahatan umat memerlukan pemahaman agama yang sempurna.

Pemahaman Politik Era Sekarang

Adapun kata “politik” yang dipahami pada zaman ini sebenarnya tidak pernah dikenal oleh Islam, karena pengertian berpolitik di era ini adalah sebatas kemampuan untuk berdebat, menggerakkan massa, kemampuan berkelit, berubah-ubah warna, kemunafikan dan selalu mengikuti kemana arah angin bertiup. Islam berlepas diri dari “politik” yang seperti ini karena tidak akan mendatangkann kemaslahatan kepada umat.

Inilah perbedaan makna “politik” yang diinginkan Allah dengan makna yang dipahami oleh orang-orang sekarang, yang tidak lain target utamanya agar sampai ketampuk kekuasaan, karena itu seorang politikus rela untuk bekerja sama dengan segala macam kelompok dan segala macam mazhab. Demi ambisi ini dia rela untuk ganti-ganti warna, bersikap plin-plan dan berbuat kemunafikan dengan politikus lainnya, walaupun bertentangan dengan Allah Tuhan alam semesta.

Adapun siyasah syar’iyyah akan selalu dibawah pimpinan seorang alim yang rabbani, Allah berfirman: “Tetapi jadilah kalian ulama yang Rabbani dengan apa-apa yang kalian ajarkan dari alkitab dan dengan apa-apa yang kalian pelajari. Ciri-ciri alim Rabbani adalah seorang yang mendidik umat dengan masalah-masalah yang sederhana terlebih dahulu sebelum masuk kepada masalah-masalah yang besar. Dia paham betul apa yang dibutuhkan umat, karena itu, dengan cara perlahan da’i mendidik umat hingga sampai kepada (iklan) kesempurnaan dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sumber: Seri Soal Jawab Dauroh Syar’iyah Surabaya 17-21 Maret 2002 dengan Masyaikh Murid-murid Syaikh Muhammad Nashirudiin Al-Albani Hafidzahumullahu.

Visit my other site | RISOFTE | RSWeblog | Eldiosa | Islamic Stuff | Info Lowongan | Info Kesehatan | Info Teknologi

Entry filed under: Politik dan Siyasah. Tags: , , .

Hikmah di Balik Sakit Surat Syaikh Saliem Ied Al-Hilaly kepada Syaikh Yahya

6 Comments Add your own

  • 1. nenyok  |  March 19, 2009 at 10:11 am

    Salam
    haiyah gw deal coz gw pernah mendapat mafhum kek gini, intinya pengertian plotik dalam wacana demokrasi beda banget dengan politik dalam islam, bener politik adalah mengurusi urusan umat dan segala kemaslhatan yang berhubungan dengan umat dan itu bukannya hanya bisa dilakukan oleh sebuah institiusi yang notabene sebuah negara?
    See!! umat islam sekarang bagaimana, dan yg terpenting tentu ditanamkan dulu kesadaran pd umat ttg pemahaman islam itu sendiri kan?
    *sotoy ga😀

    Reply
  • 2. muslimbiasa  |  March 19, 2009 at 10:28 am

    Assalamu ‘alaikum,
    afwan ana baru buka blog antum/anti, ana senang sekarang banyak blog slafy yg muncul. ana juga baru belajar bikin blog, tapi belum mahir, so klo g keberatan, kasih tahu dong gmn cara biar blog kita tampilannya cantik kaya punya anti. terutama dalam tampilan awal halaman dan gimana cara bikin kolom-kolom (namanya apa ya) disamping kanan , kiri dan atas.
    silahkan lihat tampilan muslimbiasa.wordpress.com atau muslimbiasa.blogspot.com dan kasih saran tentang tampilannya.
    jazakumulloh khoi y, semoga kita bisa dakwah via dunia maya.
    wassalamu ‘alaikum, Ibnu Fauzy

    Reply
  • 3. cipzto  |  March 20, 2009 at 2:57 am

    Allahuakbar, blog anti banyak banget ya :p
    Dunia politik tu kaya maen catur,
    pion gak bisa mundur, gak mungkin kabur
    Menteri, luncur, kuda ama benteng galaknya melebihi raja
    sedangkan raja dgn tenang gerak selangkah sambil nyelametin hadiah😀

    *lebih sotoy ga?

    Reply
    • 4. rismaka  |  March 20, 2009 at 3:26 am

      Anti? anti korupsi kaleeee…
      Iya sotoy banget lu.. lebih sotoy dari orang yg paling sotoy😀

      Reply
  • 5. oRiDo™  |  March 24, 2009 at 11:47 am

    mari kita tegakkan islam…
    politik islam? why not..

    Reply
  • 6. bayu200687  |  March 24, 2009 at 2:53 pm

    kyahahahaha
    kenapa ya banyak yg manggil ‘anti’?
    emang rismaka nama cwe ya..?
    bukannya maisaroh yg nama cwo? [ga nyambung!]

    Reply

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


CATATAN KECILKU

Assalamu'alaikum.

Selamat datang di Rismaka On WordPress.

Free Page Rank Tool

DOWNLOAD

Download Ebook Islami Bermanhaj Salaf Download Aplikasi Java Islami download update terbaru antivirus PCMAV

Tempat Backup Gratis

dropbox-banner

RSS RISOFTE

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Rismaka’s Weblog

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Shaquille Punya Blog

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 66,841 hits

RSS Download PCMAV Terbaru

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: